Rabu, 19 November 2014

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KAIN RENTANG DAN PAPAN NAMA




ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KAIN RENTANG DAN PAPAN NAMA

Kesalahan dalam berbahasa sangat bayak kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari, kesalahan berbahasa baik secara lisan maupun dalam tulisan, dan saat ini saya akan meparkan kesalahan berbahasa pada kain rentang dan papan nama.
1.      Analisis kesalahan berbahasa yang terdapat pada papan nama sebuah hotel pada kata Sepupu Satria Hotel, penulisan tersebut kurang efektif seharusnya kita menggunakan hukum D-M dan penulisan yang tepat yang sesuai kaidah bahasa Indoensia adalah Hotel Sepupu Satria.



2.      Analisis kesalahan berbahasa yang terdapat pada sebuah merek warung makan pada kata Waroeng Jajan penulisan tersebut masih menggunakan Ejaan lama sementara kita saat ini sudah menggunaka Eyd dan penulisan tersebut pun terjadi perubahan Fonem U menjadi O penulisan yang tepat adalah Warung Jajan.


3.      Analisis kesalahan berbahasa yang terdapat pada sebuah papan nama dokter gigi pada kata Praktek Dokter Gigi penulisan tersebut menggunakan kata yang tidak baku dan penulisan yang tepat Praktik Dokter Gigi yang sesuai dengan bahasa Indonesia.

4.      Analisis kesalahan berbahasa yang terdapat pada sebuah toko buku pada kata Photo Copy penulisan tersebut terdapat kesalahan pada huruf P dan C. Pada kata Copy seharusnya kita menuliskannya memakai huruf K dan tidak mengunakan unsur serapan bahasa asing. Dan penulisan yang tepat Foto Kopi.





5.      Analisis kesalahan berbahasa yang terdapat  pada sebuah merek took pada kata  Toko BUANA JAYA. Seharusnya penulisan tersebut menggunakan awal katanya saja pada penulisan tersebut kalau awalnya menggunakan huruf besar harus huruf capital semuanya dan penulisan yang tepat Toko Buana Jaya.



6.      Analisis kesalahan berbahasa yang terdapat pada sebuah papan nama pada kata  Mpr (melayu punya rasa) kesalahan yang terjadi adalah kesalahan dalam penulisannya seharusnya kita menuliskan Melayu Punya Rasa ( Mpr) penulisan yang lebih tepatnya seperti itu.






7.      Analisis keslahan berbahasa pada papan nama sebuah merek perumahan pada kata Villa Mahoni, penulisan tersebut kurang tepat karena mengadopsi dari bahasa asing yaitu penulisan huru L nya ada dua. Penulisan yang tepat adalah Villa Mahoni.




8.      Analisis kesalahan berbahasa pada sebuah kaiin rentang pada penulisan Gibral Ponsel, seharusnya kita menggunakan hukum D-M dan bukan M-D dan penulisan yang tepat Ponsel Gibral.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar