Rabu, 19 November 2014

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FONOLOGI PADA BUNGKUS MAKANAN



ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FONOLOGI PADA BUNGKUS MAKANAN      
1.       Analisis kesalahan tataran fonologi pada bungkus makanan terdapat kesalahan penambahan huruf vokal  A pada penulisan sedaap.



                
            Depdiknas (2008: 1237)  Sedap a 1 enak(nyaman, senang) tentang persasaan pada umunmnya:bersih,rapi, dan – dipandang mata; lagunya tidak didengar,tidak- hatinya; 2 harum; - baunya 3 lezat: masakan yang dihidangkan- sekal; dahulu pahit kemudian,pb bersenang –senanag dahulu.
  Penulisan yang tepat  pada kata di atas adalah sedap yang menggunakan bahasa baku I   ndonesia.    Pada kata sedap yang baku, tidak ada penambahan vokal A.
2.        
         Analisis kesalahan tataran fonologi pada botol kecap abc yakni terjadi penambahan vokal A pada kata mantaap


 



Depdiknas (2008: 876) mantap a 1 tetap hati; kukuh;kuat : ia mengutarakan pendapatnya dengan suara--; 2 tetap (  tidak berubsh, tidak bergoyah); tidak ada gangguan; stabil:keadaan di daerah ini sudah kembali.
Penulisan  yang tepat pada gambar di atas adalah mantap, tidak adanya penambahan v     ockal A pada penulisannya.

3.       Analisis kesalahan tataran fonologi yang terdapat pada kaleng susu  terdapat penambahan vokal A. pada kata baagus.


  










Depdiknas ( 2008: 114) bagus a baik sekali; elok: permainannya—sekali;
Penulisan yang tepat digunakan pada kaleng tersebut bagus, yang sesuai ajaran bahasa Indonesia yang benar dan tidak menambahkan vokal A.

4.       Analisis kesalahan berbahasa tataran fonologi yang terdapat pada kaleng susu terdapat penambahan vokal A pada kata enaak.




Depdiknas ( 2008: 371) enak/ enak a1.  Sedap, lezat( tt rasa): kue ini – rasanya; 2. Sehat atau segar ( tt kondisi badan): pada hari ini badan saya kurang –3. nikmat atau menyenangkan( tt perasaan, suasana,dsb); nyaman: setelah mandi dengan air hangat,badan terasa--;4. cak pulas; lelap ( tt tidur): pada malam itu, tidurnya – sekali.
 Penulisan yang baku pada kata tersebut adalah enak tidak ada penambahan vokal A.

5.       Analisis kesalaha berbahasa tataran fonologi yang terdapat pada bungkus makanan terjadi penghilangan fonem k pada kata baso



 

Depdiknas ( 2008: 122) n makanan terbuat dari daging, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur biasanya dibentuk bulat – bulat.Penulisan yang tepat pada kata di atas adalah rasa bakso sapi,tidak harus menghilangkan fonem k, karena tidak sesuai dengan eyd.
6.    


       
                Analisis kesalhan berbahasa yang terdapat pada bungkus minuman, terjadi kesalhan penghilangan fonem H pada kata Ijo.




                                                                                                                         
         Depdiknas ( 2008: 498) hijau1 n warna dasar yang serupa dengan warna daun;2. n gabungan warna biru dan kuning dll spectrum;3.a mengandung dan memperlihatkan warna yang serupa dengan hijau; 4 a ki belum berpengalaman; masih--;
      Penulisan yang benar adalah Hijau,penulisan yang tertera diatas lebih ke bahasa darah jawa.Dalam bungkus makanan maupun minuman lebih baik kita menggunakan bahasa Indonesia yang baik.

  
    Analisis kesalahan yang terjadi pada bungkus ini terdapat penambahan vokal A pada kata Kuaaat




      Depdiknas ( 2008: 746) kuat a 1. Banyak tenaganya( gayanya,dayanya); mampu mengangkat ( mengangkut dsb) banyak: meskipun kurus lembu itu sangat --; 2.  Tahan (tidak mudah patah,rusak putus dsb) 3. Tidak mudah goyah ( terpengaruh);teguh ( tt iman, pendirian,kemauan dsb). Penulisan yang benar adalah Kuat, tidak usah menambahkan vokal a sebanyak dua kali.
8.       
     Analisis kesalahan berbahasa tataran fonologi yang terdapat pada merek minuman Teh Tarikk terjadi penambahan fonem K sebanyak dua kali.




                                                          
          Depdiknas ( 2008: 1405) tarik v hela; muka melihat dengan marah atau cemberut;-- muka dua belas cak menunjukkan air muka yang tidak keruan;kecewa atau kesal;-- suara menyanyi;bernyanyi;-- tali mengadu dengan menghela tali;-- tambang tarik tali;-- urat bersitengang;mengotot;
Penulisan yang tepat pada penulisan di atas Teh Tarik tidak usah menambahakan vokal K,karena penulisan yang lebih tepat tarik.
9    
     Analisis kesalahan berbahasa tataran fonologi yang terdapat pada merek minuman kopi terjadi kesalahana pada kata Pake.





       Depdiknas (2008: 1000) pakai  v cak 1. Mengenakan; ber--- pelajar SLTP –sergam putih biru; 2 dibubuhi dengan ; diberi; dengan: satu gelas es the – gula. Terjadi kesalahan menggunakan kata yang tidak baku penulisan yang tepat yang sesuai bahasa Indonesia yang baik  adalah Pakai.

.    
  

Analisis kesalalahan berbahasa tataran fonologi terjadi penghilangan fonem E, pada kata Krupuk Udang.

      




             Depdiknas ( 2008: 686) kerupuk n makanan yang dibuat dari adonan tepung dicampur dengan lumatan udang atau ikan, setelah dikukus disayat- sayat tipis atau dibentuk dengan alat cetak, dijemur agar mudah digoreng. Penulisan yang tepat digunakan pada penulisan di atas adalah Kerupuk Udang, tidak usah menghilangkan fonem E.


 Analisis kesalahan berbahasa tataran fonologi yang terdapat pada bungkus makanan terjadi kesalahan pada penulisan kata Nge’gigit.
      
 


Penulisan di atas mengguakan kata yang tidak baku penulisan yang tepat adalah legitnya mengigit kita harus menggunakan kata yang baku.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar