Rabu, 19 November 2014

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN WACANA PADA WEB UMRI





ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN WACANA PADA WEB UMRI

Wacana merupakan satuan bahasa terlengkap dan tertinggi atau terbesar di atas kalimat atau klausa dengan koherensi dan kohesi tinggi yang berkesinambungan yang mempunyai awal dan akhir nyata disampaikan secara lisan atau tertulis (1987: 27).

1.      Analisis kesalahan berbahasa tataran wacana pada web UMRI pada judul “Asah Mental Lewat Organisasi”  kesalahan penggunaan konjungsi.
Bentuk tidak baku
Mahasiswa  universitas muahammadiyah Riau (umri) ini mengaku, pernah menjadi orang pendiam dan pemalu.Namun, kepribadiannya berubah menjadi orang yang mudah berkomunikasi, dan punya mental untuk tampil berbicara di depan  banyak orang. Hal itu terjadi sejak ia aktif dalam banyak kegiatan organisasi di kampus.

Bentuk baku
Mahasiswa  universitas muahammadiyah Riau (umri) ini mengaku, pernah menjadi orang pendiam dan pemalu.Namun, kepribadiannya berubah menjadi orang yang mudah berkomunikasi, dan punya mental untuk tampil berbicara di hadapan  banyak orang. Hal ini terjadi sejak ia aktif dalam banyak kegiatan organisasi di kampus
.
2.      Analisis kesalahan berbahasa tataran wacana pada web UMRI pada judul “Asah Mental Lewat Organisasi”  terdapat kesalahan wacana yang kurang efektif.
Bentuk tidak baku
Mahasiswa jurusan public relation fakultas ilmu komunikasi UMRI ini, kini menjabat  presiden mahasiswa (Presma) Umri. Jabatan itu berhasil ia emban berkat pengalamannya berorganisasi di kampus.Ketertarikannya bergabung di organisasi kampus,tak lepas berkat saran-saran senior-seniornya yang lebih dahulu aktif di organisasi.Dirinyabertemu dengan senior-seniornya pada saat acara kongres mahasiswa asal kampar.

Bentuk baku

Mahasiswa jurusan public relation fakultas ilmu komunikasi UMRI saat ini menjabat  presiden mahasiswa (Presma) Umri. Jabatan itu berhasil ia peroleh berkat pengalamannya berorganisasi di kampus. Ketertarikannya bergabung di organisasi kampus,tidak lepas berkat saran-saran senior-seniornya yang lebih dahulu aktif di organisasi. Dia bertemu dengan senior-seniornya pada saat acara kongres mahasiswa asal kampar.

3.      Analisis kesalahan berbahasa tataran wacana pada web UMRI pada judul “ Segera Akreditasi UMRI” terjadi kesalahan wacana yang tidak efektif pada kata.

Bentuk tidak baku
     Sebelum Agustus minimal semua persyaratan dan laporan sudah disampaikan.Tingkat pendidikan pengajar Umri pun harus terus  ditingkatkan.Sesuaipersyaratan, dosen harus berpendidikan minimal S2.Namun hal itu belum cukup.Sebagai juga menempuh pendidikan S3.


Bentuk baku
Sebelum bulan Agustus seharusnya semua persyaratan dan laporan sudah dikumpulkan. Tingkat pendidikan pengajar UMRI pun harus selalu ditingkatkan. Sesuai persyaratan dosen harus berpendidikan minimal S2. Namun hali ini juga belum cukup. Dosen juga perlu menempuh pendidikan S3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar